Blogroll

Pages

Kamis, 29 Desember 2011

RPP SUHU


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                          : SMP Negeri 12 Malang
Mata Pelajaran               : IPA  Fisika
Kelas/Semester              : VII / I
Materi Pokok                 : Suhu.
Submateri Pokok           : Suhu dan Termometer.
Alokasi Waktu               : 4 X 40 Menit.

Standar Kompetensi        : 1.   Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-    benda  alam dengan menggunakan peralatan.
Kompetensi Dasar           :  1.3 Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya.
Indikator                          :    1. Dapat menjelaskan pengertian suhu.
                                                     2. Dapat mengukur suhu dengan menggunakan thermometer.
                                                     3. Dapat mengkonversikan skala-skala pada suhu
A.   Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa diharapkan dapat menjelaskan pengertian suhu
2.      Setelah melakukan eksperimen, siswa dapat menyebutkan alat pengukur suhu
3.      Siswa dapat menyebutkan macam-macam thermometer
4.      Siswa dapat mengkonversikan satuan-satuan suhu dari satuan yang satu ke satuan yang lain.
B.   Materi Pembelajaran
  1. Pengertian Suhu
Suhu adalah ukuran derajat panas atau dinginnya suatu benda.
  1. Termometer
Thermometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur suhu dengan tepat dan menyatakannya dengan suatu angka.
Ada empat macam skala yaitu:
1.      Thermometer skala Celcius
Skala celcius pertama diusulkan oleh Andreas Celcius (1701-1744) dengan menetapkan titik lebur es (titik tetap bawah) adalah 00C dan titik uap (titik tetap atas) adalah 1000C.

2.      Thermometer skala Kelvin
Pada skala Kelvin, titik tetap bawah diberi angka 273 K dan titik tetap atas diberi angka 373 K.
3.      Thermometer skala Reamur
Pada skala reamur, titik tetap bawah diperoleh dari titik lebur es murni yang dinyatakan dengan angka 00R dan titik didih air murni sebagai titik tetap atas yang dinyatakan dengan angka 800R.
4.      Thermometer skala Fahrenheit
Titik lebur es murni pada tekanan 1 atmosfer digunakan sebagai titik tetap bawah yang ditandai dengan angka 320F, sedangkan titik didh air murni pada tekanan 1 atmosfer digunakan sebagai titi tetap atas yang ditandai dengan angka 2120F.
Hubungan skala-skala Celcius, Kelvin, Reamur, dan Fahrenheit dilihat pada gambar dibawah ini.

Perhitungan akan menjadi:
t0C =(t+273) K                        t K = (t-273)0C
t0C = 5/4 . t0R                         t0R = 4/5 . t0C
t0C = 5/9 . (t0F-32)                  t0F  = 9/5 .t0C +32
           
  1. Macam-Macam Termometer
1.      Thermometer Klinis
Thermometer ini biasa digunakan untuk mengukur suhu badan/tubuh manusia. Tabung thermometer ini diisi dengan raksa. Skala thermometer ini didesain dari 350C sampai dengan 420C, mengingat suhu tubuh manusia tidak pernah lebih rendah dari 350C dan tidak pernah lebih tinggi dari 420C.
Gambar thermometer klinis
2.      Thermometer Dinding
Thermometer ini digunakan untuk mengukur suhu ruangan. Thermometer dinding pengukuran ini biasanya memiliki dua skala pengukuran yaitu, skala Celcius dan skala Fahrenheit.
3.      Thermometer Maksimum dan Minimum Six-Bellani
Thermometer ini digunakan untuk mengukur suhu maksimum, terutama didalam rumah kaca yang dipakai untuk menanam tanaman sebagai bahan penelitian.
      Gambar thermometer Maksimum dan Minimum Six-Bellani
C.   Strategi Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran: Menggunakan CTL
2.      Metode Pembelajaran
a.       Ceramah
b.      Eksperimen
c.       Demonstrasi
d.      Tanya jawab
D.   Langkah-Langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
Tahapan
Kegiatan Pembelajaran

Karakter

Alokasi
Waktu
(menit)
Guru
Siswa
Pra Kegiatan Awal
1.      Mengucapkan salam
2.      Berdoa
3.      Mengecek kehadiran siswa
1.   Menjawab salam
2.   Berdoa
3.   Memberitahukan informasi jika ada siswa yang tidak masuk hari ini.

1.     Sikap Ramah
2.     Sikap disiplin
3’
Kegiatan Awal
1.      Motivasi dan apersepsi
Apakah yang kalian rasakan ketika pada musim hujan? Seandainya kalau musim panas?
2.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
1. Menjawab pertanyaan guru





2.  Menyimak informasi yang disampaiakn guru
1.     Berani menyatakan pendapat



2.     Sikap menghargai
3’
Kegiatan Inti
1.  Menjelaskan pengertian suhu




2.  Membimbing siswa untuk melakukan eksperimen
3.  Meminta siswa untuk melaporkan hasil eksperimen
4.  Menjelaskan kembali hasil eksperimen yang telah dilakukan siswa
5.  Guru menjelaskan pengertian thermometer
6. Guru memberikan evaluasi
1.  Menyimak penjelasan     guru kemudian bertanya jika ada konsep yang kurang dipahami
2.  Melakukan eksperimen

3.  Melaporkan hasil eksperimen

4.  Menyimak penjelasan     guru kemudian bertanya jika ada konsep yang kurang dipahami
5   Menjawab pertanyaan guru dan menyelesaikan soal jika ada
1.       Berpikir kritis
2.       Sikap menghargai
3.       Kerja sama
4.       Tanggung jawab
64’
Penutup
1.  Membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran

2.  Menanggapi jawaban siswa dan memberikan penguatan atas jawaban siswa
3.   Salam penutup
1.     Menyimpulkan materi pembelajaran oleh guru
2.     Menyimak informasi yang disampaikan

3.  Menjawab salam

10’


PERTEMUAN KEDUA
Tahapan
Kegiatan Pembelajaran

Karakter

Alokasi
Waktu
(menit)
Guru
Siswa
Pra Kegiatan Awal
1.  Mengucapkan salam
2.  Berdoa
3.  Mengecek    kehadiran siswa
1. Menjawab  salam
2.  Berdoa
3.  Memberitahukan informasi jika ada siswa yang tidak masuk hari ini.

1.  Sikap Ramah
2.  Sikap disiplin
3’
Kegiatan Awal
1. Motivasi dan apersepsi
Pada saat kita sakit panas, kita memeriksa ke dokter. Biasanya dokter mengukur suhu tubuh kita. Dinyatakan dalam satuan apa hasil pengukuran yang dilakukan dokter tersebut?
2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
1. Menjawab pertanyaan guru










2.  Menyimak informasi yang disampaiakn guru
1.  Berani menyatakan pendapat









2.  Sikap menghargai
3’
Kegiatan Inti
1.  Menjelaskan macam-macam thermometer
2.  Menjelaskan kalibrasi pada thermometer
3.  Menjelaskan penetapan skala pada thermometer
4.  Menjelaskan tentang pengkonversian skala
5.  Guru memberikan evaluasi
1.  Menyimak penjelasan     guru kemudian bertanya jika ada konsep yang kurang dipahami



2.  Menjawab pertanyaan guru dan menyelesaikan soal jika ada
1.  Berpikir kritis


2.  Sikap menghargai


3.  Kerja sama


4.  Tanggung  jawab
64’
Penutup
1.  Membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran
2.  Menanggapi jawaban siswa dan memberikan penguatan atas jawaban siswa
3.   Salam penutup
1.  Menyimpulkan  materi pembelajaran oleh guru
2.  Menyimak informasi yang disampaikan

3.  Menjawab salam

10’

E.   Media Pembelajaran (Sumber, Alat, dan Bahan Belajar)
  1. Buku IPA Fisika VII
  2. LKS Siswa
  3. Thermometer
  4. Es
  5. Air hangat dan air biasa
  6. Gelas

F.   Penilaian Hasil Belajar
a.      Teknik Penilaian
a.1 LKS
LKS Terlampir
a.2 Contoh soal
1.    Suatu benda diukur dengan thermometer Celcius menunjukan skala 270C. Berapakah suhu benda itu jika diukur dengan thermometer Kelvin, Reamur dan Fahrenheit?
a.3 Soal Tugas
1.    Suhu badan Adi ketika diukur dengan thermometer menunjukan angka 390C. Berapakah suhu badan Adi jika diukur dengan thermometer fahrenheit dan thermometer reamur?
2.    Pada skala Fahrenheit, suhu suatu benda 1220F. Suhu benda itu pada skala Kelvin adalah?
b.      Bentuk Instrumen
Uraian
Soal terlampir

                                                                                   Malang, 9 November 2011
                                                                                                           Guru PPL

                                                                                                           Blasius Moa

SOAL ULANGAN

1.      Jelaskan pengertian suhu, alat yang digunakan untuk mengukur suhu dan satuannya dalam SI ?
2.      Sebutkan empat  macam  skala yang biasa digunakan pada thermometer serta berikan angka yang ditunjukan oleh titik tetap atas dan titik tetap bawah pada masing-masing skala
3.      Sebutkan tiga macam thermometer !
4.      Adi sedang memanaskan air dalam panic, kemudian ketika diukur suhunya dengan thermometer menunjukan suhu 600C. berapakah suhu air tersebut bila dinyatakan dalam satuan:
a.       Kelvin
b.      Reamur
c.       Fahrenheit
Jawaban:
1.      Suhu adalah: ukuran derajat panas atau dinginnya suatu benda
Alat ukur yang digunakan adalah thermometer.
Satuan suhu dalam SI adalah Kelvin (K).
2.      Empat macam skala yang biasa digunakan pada thermometer:
a.   Thermometer skala Celcius
Titik tetap atas skala Celcius adalah 1000C dan titik tetap bawah skala celcius adalah 00C.
b.   Thermometer skala Kelvin
Titik tetap atas skala Kelvin adalah 373K dan titik tetap bawah skala kelvin adalah 273 K.
c.    Thermometer skala Reamur
Titik tetap atas skala Reamur adalah 800R dan titik tetap bawah skala reamur adalah 00R.
d.   Thermometer skala Fahrenheit
Titik tetap atas skala Fahrenheit adalah 2120F dan titik tetap bawah skala fahrenheit adalah 320F.
3.      Tiga macam thermometer: thermometer klinis, dinding, dan max-min Six Belani
4.      Diketahui: t0C = 600C
Ditanya    : t K =…..?
                   t0R=…..?
                   t0F=…..?
Jawab:
a.       t0C                  = (t+273) K
600C               = (60+273)K
600C               = 333 K
Jadi, 600C        = 300 K
b.      t0R                   = 4/5 .toC
t0R                   = 4/5 . 60
t0R                   = 48 
Jadi, 600C        = 48 0R
c.       t0F                   = 9/5 .toC +32
t0F                   = 9/5 . 60 +32
t0F                   = 140
Jadi, 600C        = 140 0F
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
MENGUKUR SUHU

A.    Tujuan
·         Menyelidiki kemampuan indera peraba sebagai alat pengukur suhu
·         Menyelidiki kempuan menggunakan dan mengukur suhu dengan alat ukur suhu yaitu thermometer

B.     Metode
Eksperimen

C.    Alat dan Bahan
·         Gelas beaker (3 buah)
·         Air kran
·         Air hangat
·         Air dingin
·         Es batu

D.    Langkah Kegiatan
1.      Siapkan 3 buah gelas beker dan berilah label A, B dan C
2.      Isilah gelas A dengan air kran (air biasa), gelas B dengan air hangat dan gelas C dengan air dingin (air + es batu)
3.      Masukkan thermometer ke dalam gelas A dan catatlah hasil pengukurannya
4.      Ulangi langkah ke 3 untuk gelas B dan gelas C
5.      Masukkan jari tangan kananmu ke dalam gelas B dan jari tangan kirimu ke dalam gelas C, dan diamkan beberapa saat (± 15 detik)
6.       Secara bersamaan pindahkan kedua tanganmu ke dalam kelas A

Table Kegiatan

NO
GELAS
SUHU AIR MENURUT
TANGAN/PERASAAN
THERMOMETER
1
A (air biasa)


2
B (air hangat)


3
C (air dingin)


4
B→A


5
B→C



Pertanyaan/ Diskusi
1.      Dapatkah kamu tentukan seberapa panas atau dingin air yang dirasakan oleh kedua tanganmu pada gelas B dan gelas C? Jika dapat berapakah hasil pengukurannya?
2.      Dapatkah kamu tentukan seberapa panas atau dingin air yang diukur dengan menggunakan thermometer  pada gelas A , gelas B dan gelas C? Jika dapat berapakah hasil pengukurannya?
3.      Pada kegiatan 6, apakah yang dapat dirasakan oleh jari tangan kanan dan jari tangan kirimu?
4.      Apakah perbedaan ketika mengukur dengan tangan dan mengukur dengan menggunakan thermometer?
5.      Berikan kesimpulan!

1 komentar:

Eka nurmayanti mengatakan...

its a great teaching!!!!

Posting Komentar

 
Powered by Blogger