Blogroll

Pages

Rabu, 28 Desember 2011

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMP
Kelas/ Semester            : VII / I
Mata Pelajaran            : IPA FISIKA
Materi Pokok               : Lambang, Unsur dan Rumus Kimia Sederhana
Sub Materi Pokok        : 1. Lambang unsur
                                         2. Rumus Kimia Sederhana
Alokasi Waktu             : 2 X 40 Menit

Standar Kompetensi
3.    Memahami klasifikasi zat
Kompetensi Dasar
3.1  Menjelaskan nama dan lambang unsur serta rumus kimia sederhana
          Indikator
1. Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
2. Menuliskan nama dan lambang unsur
3. Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana
4. Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana

A. Tujuan Pembelajaran
   Setelah melakukan pembelajaran ini, diharapkan siswa dapat :
1.      Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
2.      Menjelaskan pengertian unsur
3.      Menyebutkan penggolongan unsur berdasarkan wujudnya
4.      Menuliskan beberapa nama dan lambing unsur
5.      Menjelaskan rumus kimia sederhan

B. Materi Pembelajaran
              
1. Lambang Unsur
        Ahli kimia yang pertama kali mengusulkan perumusan lambang unsur adalah Jons JacobBerzellius, ahli kimia asal Swedia, pada tahun 1814.
Aturan penulisan lambang unsur, yaitu:
·         Lambang unsur diambil dari huruf depan. Nama unsure tersebut dalam bahasa yunani
·         Lambang unsur dapat terdiri dari satu, dua atau tiga huruf, dengan ketentuan:
v  Huruf pertama ditulus dengan huruf capital
v  Huruf kedua atau ketiga ditulis dengan huruf kecil
            Saat ini, penulisan dan penetapan nama dan lambang unsur diwenangkan kepada IUPAC (International Union Of Pure and Applied Chemistry), lembaga kimia internasional.

2. Unsur
        Unsur adalah zat murni paling sederhana yang tidak dapat diuraikan lagi. Contoh: oksigen, nitrogen, hydrogen, besi, aluminium, dll
            Berdasarkan wujudnya, unsur digolongkan menjadi:
1.      Unsur logam, memiliki sifat:
v  Penghantar panas yang baik
v  Dapat diregangkan menjadi kawat
v  Mengkilap
v  Berwujud padat, kecuali raksa
v  Titik leleh dan titik didih tinggi
Contoh: besi, aluminium, nikel, magnesium, tembaga, emas, perak

2.      Unsur non logam, memiliki sifat:
v  Penghantar panas yang buruk, kecuali grafit
v  Tidak dapat diregangkan
v  Tidak mengkilap
v  Umumnya berwujud cair dan gas, tapi ada yang padat
v  Titik leleh dan titik didih rendah
Contoh: fosfor, belerang, klorin, oksigen, nitrogen, hydrogen

3.      Unsur semi logam, memiliki sifat diantara sifat unsur logam dan unsur non logam. Contoh: silicon, boron, arsen.

3. Beberapa nama unsur dan Lambangnya

No
Nama Unsur
Lambang Unsur
1
Hidrogen
H
2
Karbon
C
3
Nitrogen
N
4
Oksigen
O
5
Magnesium
Mg
6
Aluminium
Al
7
Tembaga
Cu
8
Seng
Zn
9
Perak
Ag
10
Timah
Sn
           
            Tabel periodic unsur (Lampiran)

4. Rumus Kimia Sederhana
        Rumus kimia menyatakan nama senyawa, tepatnya menyatakan jenis dan jumlah atom unsur yang membentuk satu molekul suatu senyawa. Secara umum, penulisan rumus kimia adalah sebagai berikut:
nAxByCz

 
           
                       

 Keterangan:
                 n                 = koefisien, menyatakan jumlah molekul  senyawa                            A, B, C            =  lambang unsur
x, y, z         =  index, menyatakan jumlah atom masing-masing unsur
C. Metode Pembelajaran
1.      Model                 :   Direct Learning
2.      Pendekatan         :   Kontekstual
3.      Metode               :   Ceramah, Tanya jawab


D. Langkah-langkah Kegiatan



Tahapan
Kegiatan Pembelajaran

Karakter

Alokasi
Waktu
(menit)
Guru
Siswa
Pra Kegiatan Awal
1.      Mengucapkan salam
2.      Berdoa
3.      Mengecek kehadiran siswa
1.   Menjawab salam
2.   Berdoa
3.   Memberitahukan informasi jika ada siswa yang tidak masuk hari ini.

1.    Sikap ramah

2.    Sikap disiplin
3’
Kegiatan Awal
1.      Motivasi dan apersepsi
·    Ketika kita bernafas, apa yang kita hirup?
·    Setelah kita bernafas kita menghirup udara yang mengandung oksigen. Lalu apa yang kita keluarkan ketika kita bernafas?
2.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
1. Menjawab pertanyaan guru








2.  Menyimak informasi yang disampaiakn guru
1.      Berani menyatakan pendapat





2.       Sikap menghargai
5’
Kegiatan Inti
1.  Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
2.  Menjelaskan pengertian unsur dan pengelompokannya
3.  Menjelaskan beberapa nama unsur dan lambangnya
4.  Menjelaskan rumus kimia sederhana
5.  Memberikan evalausi secara lisan dan tertulis
1.  Menyimak penjelasan     guru kemudian bertanya jika ada konsep yang kurang dipahami





2.  Menjawab pertanyaan guru dan menyelesaikan soal jika ada
1.     Berpikir kritis
2.     Sikap menghargai





3.     Berani menyatakan pendapat
60’
Penutup
1.  Membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran
2.  Menanggapi jawaban siswa dan memberikan penguatan atas jawaban siswa
3.   Salam penutup
1.  Menyimpulkan materi pembelajaran oleh guru
2.  Menyimak informasi yang disampaikan

3.  Menjawab salam
1.    Berpikir kritis
2.    Berani menyatakan pendapat
3.    Sikap ramah
12’

E. Media Pembelajaran (Sumber, Alat, dan Bahan Belajar)
  1. Buku pelajaran IPA Fisika VII Etsa Indra Irawan
  2. Buku Aksi IPA FISIKA Kelas 7

F. Penilaian Hasil Belajar
a.      Teknik Penilaian
            Soal Latihan
1.    Berapa jenis unsur yang menyusun senyawa glukosa, C6H12O6? Apa saja
2.    Berapa jumlah atom unsur-unsur yang menyusun satu molekul asam nitrat, HNO3?

Soal Tugas
Buku LKS AKSI, Halaman 29 – 30 bagian A dan B
b.      Bentuk Instrumen
·         Pilihan  Ganda
Soal Terlampir












                                                                                   Malang, 7 Oktober 2011

                                                                                                          Guru Praktikan

                                                                                                           Blasius Moa
  
                                                           


0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger